Tak Bawa KTP, Puluhan Warga Dikenakan Denda 20 Ribu

NGAWI– Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Ngawi dan instansi terkait menggelar operasi yustisi kependudukan selama dua hari. Hasilnya puluhan warga yang tidak membawa kartu tanda penduduk dan surat pengganti KTP terpaksa menjalani sidang dan membayar denda.

Operasi yustisi digelar kawasan Alun Alun Merdeka Kota Ngawi. Para pengguna jalan yang melintas dihentikan dan diarahkan petugas gabungan menuju halaman gedung pertemuan eko kapti. Bagi warga yang membawa KTP diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Sedangkan warga yang tidak membawa KTP kemudian diarahkan masuk ruangan untuk menjalani persidangan oleh petugas dari pengadilan negeri  dan kejaksaan negeri setempat. Atas pelanggaran Perda Nomor 8 tahun 2010, tentang administrasi kependudukan Pasal 40 ayat 8 warga dikenai denda 20 ribu rupiah.

Tim operasi yustisi menggelar operasi selama dua hari, pada hari pertama terjaring lebih 35 orang pelanggar dan pada hari terakhir terjaring 47 orang pelanggar. Operasi yustisi kependudukan digelar secara berkala untuk mendorong terciptanya tertib administrasi kependudukan. Selama tahun 2017 telah dilakukan 5 kali operasi yustisi.

Komentar
READ  Buruh Tani Tewas Tersengat Listrik

Baca Juga

Leave a Comment