Tiga Rumah Warga Durenan Diterjang Longsor

KAB MADIIUN – Bencana tanah longsor terjadi di wilayah Desa Durenan Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. 3 rumah warga diterjang tanah longsor, 2 diantaranya mengalami kerusakan cukup parah. Sementara itu, 3 desa di Kecamatan Gemarang tercatat masuk daerah rawan longsor.

Kerusakan paling parah terjadi di rumah milik Narti warga Dusun Bulu Desa Durenan Kecamatan Gemarang. Dinding rumah induk serta dapur jebol diterjang tanah longsor dari tebing setinggi kurang lebih 5 meter di belakang rumah. Warga pun secara gotong royong membersihkan material longsor.

Purnomo, Kepala Desa Durenan mengatakan 2 rumah yang juga terimbas tanah longsor yakni rumah milik Hambali serta rumah Sidem warga Dusun Beji. Longsor yang terjadi ini akibat intensitas hujan yang tinggi serta kondisi kontur tanah yang gembur. Penanganan bencana tanah longsor ini telah dikoordinasikan dengan BPBD Kabupaten Madiun.

Sementara itu, tercatat ada 3 desa di wilayah Kecamatan Gemarang yang masuk zona bencana tanah longsor. Diantaranya Desa Durenan, Desa Batok serta Desa Tawang. Untuk itu, warga perlu waspada jika hujan terjadi dengan intensitas yang cukup lama.

Masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan utamanya bagi warga di lereng wilis. Pasalnya curah hujan saat ini masih cukup tinggi. Warga diminta untuk memperhatikan lingkungan sekitar.

Komentar
READ  Polres Ungkap Pelaku Teror Di Polsek Taman

Baca Juga

Leave a Comment