Permendagri, PDAM Lawu Tirta Sesuaikan Tarif

Magetan – Tahun 2016 Menteri Dalam Negeri Mengeluarkan Peraturan Nomer 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum. Permendagri tersebut mewajibkan seluruh perusahaan daerah air minum PDAM untuk melakukan pengkajian tarif. Tak terkecuali PDAM Lawu Tirta Kabupaten Magetan.

Berdasar pada Permendagri tersebut tahun 2017 PDAM Lawu Tirta di bawah kepemimpinan direktur utama Welly Kristanto mulai melakukan pengkajian untuk menyesuaikan tarif PDAM.

Agar proses dan hasil kajian lebih objektif dan trnsparan, PDAM menggandeng tim ahli dari Universitas Negeri Sebelas Maret, UNS Kota Surakarta. Setelah melalui proses pengkajian berbulan-bulan tim dari UNS didampingi jajaran direksi dan pegawai PDAM Lawu Tirta melakukan pemaparan hasil kajian di depan perwakilan pelanggan, dewan pengawas, lembaga swadaya masyarakat dan media.

Dari hasil kajian tim UNS, sebenarnya tarif yang harus diperlakukan agar tubuh PDAM sehat adalah 2.100 permeter kubik untuk kalangan rumah tangga. Namun karena tidak ingin membebani 68 ribu pelanggan PDAM, jajaran direksi pdam memilih opsi 1.300 untuk kalangan rumah tangga.

Komentar
READ  Event Perdana Charismatic Night Carnival 2018 Spektakuler

Baca Juga

Leave a Comment