Pemulihan Infrastruktur Dampak Bencana Butuh 3 Tahun

PACITAN- Bencana alam tanah longsor dan banjir di Kabupaten Pacitan tahun 2017 lalu menimbulkan kerusakan infrastruktur yang cukup parah. Pemulihan sarana prasarana penunjang akses ekonomi pendidikan kesehatan pun diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 3 tahun.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, bencana dahsyat 28 November 2017 di Kabupaten Pacitan menimbulkan kerusakan dan kerugian mencapai angka 1 triliyun lebih. Kerugian terbesar terjadi pada perumahan warga yang ditaksir mencapai angka 491 milyar rupiah dengan rincian enam ribu enam ratus tiga unit rumah rusak berat, sedang, dan ringan.

Kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan menimbulkan kerugian senilai 233 milyar rupiah. Kerugian sebesar itu merujuk pada kerusakan 21 jembatan, 4 unit jalan nasional, 16 unit jalan provinsi. 55 unit jalan kabupaten, dan 55 unit jalan kabupaten. Jumlah kerugian infrastruktur ini belum termasuk kerusakan jaringan listrik, irigasi, saluran pertanian jaringan air PDAM dan lainya yang berada dikisaran 66 milyar rupiah.

Bupati Pacitan Indartato, mengatakan pemulihan infrastruktur pasca bencana banjir dan longsor membutuhkan waktu tak singkat. Ketersediaan anggaran yang dimiliki APBD Pacitan menuntut pemerintah mencari alternatif lain dengan meminta dukungan kepada pemerintah provinsi dan pusat. Perbaikan dan pemulihan paling cepat direalisasikan 2-3 tahun kedepan,

Komentar
READ  Makam Pemuda Tewas Terikat Akhirnya Dibongkar Polisi

Baca Juga

Leave a Comment