Mbah Tarom : Madiun Tidak Perlu Beras Impor

Madiun – Rencana pemerintah pusat akan mengimpor beras dari Thailand dan Vietnam mendapat penolakan dari sejumlah pemerintah daerah di Jawa Timur . Termasuk pemerintah Kabupaten Madiun Bupati Muhtarom menegaskan bahwa Madiun tidak perlu mendapat jatah beras impor.

Wacana pemerintah akan mengimpor 500 ribu ton beras dari Thailand dan Vietnam pada akhir bulan Januari mendapat sorotan dari pemerintah daerah. Rencana impor beras ini datang menyusul tingginya harga beras dan kelangkaan di lapangan meski demikian Bupati Madiun Muhtarom menyatakan jika Kabupaten Madiun tidak perlu mendapatkan jatah ratusan beras tersebut.

Dirinya mempertanyakan kebijakan pemerintah pusat untuk  mengimpor beras karena Indonesia terkenal sebagai negeri agraris utamanya di Pulau Jawa banyak lumbung padi. Muhtarom mengatakan Kabupaten Madiun tidak perlu mendapatkan jatah beras impor karena stok beras di wilayah Madiun sampai saat ini masih suplus 255.000 ton setara beras. Beras beras tersebut tersimpan di sejumlah penggilingan dan dilumbung lumbung padi masyarakat.

Meski demikian pemerintah Kabupaten Madiun tidak dapat menolak jika nantinya pemerintah pusat memberikan jatah beras impor dari Thailand dan Vietnam.  Sementara itu Kepala Bulog Sub Divre Madiun Heriswan menjelaskan jika jatah stok beras di gudang bulog diwilayah Madiun aman hingga bulan juli mendatang.

Komentar
READ  Pakde Karwo : Pemimpin Baru Ojo Nyalahne Sing Lawas

Baca Juga

Leave a Comment