Panwas Ingin ASN Netral Dalam Pilgub Jatim

Ponorogo – Mendekati pilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, panwas ingin ASN Ponorogo netral. Hal ini mengingat berdasarkan aturan yang berlaku ASN dilarang terlibat politik praktis.

Juwani selaku bidang Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Kabupaten Ponorogo menghimbau agar seluruh aparatur sipil negara yang ada di Kabupaten Ponorogo untuk tidak terlibat politik praktis. Hal ini sesuai amanah undang undang ASN pasal 9 ayat 2 berbunyi ASN dilarang terlibat politik praktis sehingg ASN harus terbebas dari pengaruh maupun intervensi semu golongan termasuk partai politik tertentu.

Namun demikian ASN tetap memiliki hak memilih, tapi tidak boleh disalah gunakan dengan menjadi tim sukses dari salah satu calon Gubernur maupun Wakil Gubernur Jawa Timur. Tidak hanya ASN, pihak panwas juga menghimbau serupa terhadap TNI dan polri. Panwas ingin TNI Polri tetep konsisten dan menjunjung tinggi profesional dalam menjalankan tugas.

Sementata pihak Panwas Ponorogo juga akan mengancam pemberian sangsi para ASN yang ikut  terlibat politik praktis. Pihaknya akan menyurati pemerintah agar oknum ASN dipecat dari ASNnya.

Komentar
READ  Gandengan Putus, Truk Muatan 42 Ton Terguling

Baca Juga

Leave a Comment