Gelapkan Ratusan Juta, Karyawan Koperasi Dipolisikan

Ngawi – Seorang karyawan koperasi simpan pinjam di Kabupaten Ngawi diamankan polisi karena memalsukan ratusan permohonan pinjaman fiktif. Pelaku di tangkap setelah pihak koperasi mengalami kerugian dan melaporkan ke polisi. Dana ratusan juta rupiah hasil penggelapan digunakan untuk keperluan pribadi.

Andik Nuryanto karyawan Koperasi Simpan Pinjam Cahaya Mulya di Kabupaten Ngawi diamankan polisi karena diduga telah melakukan penggelapan. Lelaki berumur 38 tahun asal desa Selopuro kecamatan Pitu kabupaten Ngawi tersebut dilaporkan kantornya kepada pihak berwajib karena telah memalsukan sebanyak 234 permohonan pinjaman fiktif. Ratusan kartu permohonan pinjaman fiktif dan berkas laporan keuangan kini diamankan sebagai barang bukti.

Penangkapan karyawan koperasi itu bermula dari laporan pihak Koperasi Simpan Pinjam Cahaya Mulya yang beralamat di jalan Letjen Sutoyo Kota Ngawi. Pelaku yang sehari-hari bertugas melayani nasabah itu diduga telah memalsukan ratusan permohonan pinjaman fiktif sejak maret 2017 hingga desember 2017 sehingga mengakibatkan kerugian perusahaan sekitar 169 juta rupiah. Modusnya pelaku juga menggunakan data permohonan nasabah lama untuk mencairkan uang dari koperasi tempatnya bekerja.

Perbuatan tersebut akhirnya diketahui pihak KSP dari hasil audit keuangan. Manajemen koperasi sudah meminta kepada Andik Nuryanto untuk mengganti kerugian. Namun karena tidak mau bekerjasama pihak koperasi melaporkannya kepada pihak berwajib. Kepada polisi pelaku mengaku hasil dari pencairan itu telah habis digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Komentar
READ  Jalan Rusak, Puluhan Petani Blokir Proyek Jalan Tol

Baca Juga

Leave a Comment