Panwascam Taman Minta Joki PPDP Dipecat

KOTA MADIUN- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kota Madiun ternyata tidak bekerja sesuai aturan. Terbukti di wilayah Kelurahan Josenan Kecamatan Taman ditemukan adanya joki PPDP. Petugas  yang asli ternyata tidak mendatangi ke rumah warga dari pintu ke pintu, namun malah dititipkan ke warga lainnya.

Joki PPDP tersebut ditemukan oleh panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) Taman di wilayah Kelurahan Josenan Kecamatan Taman Kota Madiun. Dari informasi yang dihimpun sejumlah warga, petugas PPDP tidak mendatangi secara langsung dari rumah ke rumah. Melainkan dititipkan kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat.

Karman salah satu warga mengatakan pihaknya didatangi ketua RT untuk dilakukan pendataan pemilih. Tidak ada petugas dari PPDP yang datang ke rumahnya. Pendataan tersebut sudah dilakukan sekitar 1 minggu yang lalu.

Sementara itu, Budi Santoso, anggota Panwascam Taman mengatakan pihaknya menemukan indikasi tersebut setelah mendapat laporan dari warga yang kemudian ditindak lanjuti Panwascam Taman. “Hasil coklit ini jelas diragukan keabsahanya, dan ini harus diperbaharui dahulu. Untuk oknum  PPDP segera dipecat karena tidak menjalankan tupoksinya,” tegas Budi Santosa, Senin (05/02/2018).

Ternyata sebagaian warga membenarkan jika dalam pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) tidak dilakukan oleh petugas PPDP melainkan oleh pihak ketua RT setempat. Buktinya tidak ada tanda tangan dari petugas PPDP dalam stiker coklit yang ditempel ke rumah warga.

Sesuai aturan, PPDP seharusnya mendatangi rumah warga dari rumah ke rumah untuk coklit, hasil temuan ini akan segera dilaporkan ke Panwaslu Kota Madiun, termasuk melaporkan kepada KPU Kota Madiun yang membawahi PPDP.

 

Komentar
READ  Mayat Wanita Ini Mengenaskan, Tangan Kaki Dilakban Mulut Terikat

Baca Juga

Leave a Comment