Anak Usia 1 – 19 Tahun Wajib Vaksin Difteri

Kota Madiun – Menanggulangi penyebaran kejadian luar biasa difteri yang meningkat di 2018, imunisasi ulang difteri Outbreak Response Imunization atau ORI dilaksanan di Kota Madiun. Menurut rencana imunisasi ini akan menyasar pelajar dari usia satu sampai sembilan belas tahun.

Sejumlah siswa sekolah dasar tampak menangis dan harus ditenangkan oleh guru masing-masing ketika mendapat suntikan imunisasi dari petugas Puskesmas Tawangrejo. Imunisasi ulang difteri atau disebut ORI digelar menyeluruh ke sekitar 180 siswa di seluruh sekolah. Pemerintah Kota Madiun mengadakan imunisasi ulang bagi anak usia 1 tahun hingga 19 tahun.

Imunisasi ulang tersebut digelar pada tiga periode di awal tahun digelar sepanjang februari, lalu berlanjut pada juni dan november mendatang dengan mendatangi sekolah-sekolah maupun terjadwal rutin di puskesmas dan posyandu. Imunisasi ini wajib diberikan agar penularan penyakit difteri dapat dicegah terutama kepada anak-anak.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Madiun Agung Wardani menjelaskan penularan penyakit difteri sangat mudah, mulai dari batuk ataupun bersin dari penderita serta menyentuh luka pada kulit penderita. Ditargetkan 45.000 anak di Kota Madiun akan mendapatkan imunisasi difteri.

Kota Madiun di awal 2018 mengalami peningkatan kasus KLB Difteri. Seletah nihil kasus difteri di tahun lalu, pada akhir januari tahun ini telah terdapat 3 kasus positif difteri yang penderitanya sempat dirawat secara isolasi di RSUD setempat selama lebih dari lima hari.

 

Komentar
READ  Tragis ! Baru Dibangun, Kanopi Kantor Pertanahan Roboh

Baca Juga

Leave a Comment