Krisis PNS, Usulkan Rekrut 3.073 CPNS

Kab Madiun – Pemerintah Kabupaten Madiun mengusulkan akan merekrut 3.073 aparatur sipil negara atau A-S-N pada tahun 2018. Angka  ini berdasarkan kebutuhan pegawai untuk lingkup Pemkab Madiun yang semakin berkurang setiap tahunnya. Terakhir pemkab setempat membuka formasi CPNS pada  tahun 2014 lalu.

Rendahnya kualitas Aparatur Sipil Negara (ASN)  membuat banyak instansi tak bisa bekerja maksimal. Apalagi saat ini Pemkab Madiun tidak bisa mengangkat pejabat fungsional lantaran terganjal moratorium CPNS sejak tahun 2015 lalu.

Sekertaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten (BKD) Madiun  Sigit Budiarto menyakatan jika tahun ini BKD akan mengusulkan kepada rencana pemerintah pusat membuka formasi  penerimaan aparatur sipil negara atau A-S-N di tahun 2018 ini.

Berdasarkan data BKD setempat setiap tahunnya 250 hingga 400 A-S-N Pemkab Madiun kehilangan pegawainya. Selain karena penerapan moratorium PNS,  pegawai pemerintah ini  rata-rata memasuki massa pensiun dan meninggal dunia. Pada tahun ini saja ada 373 pegawai yang memasuki masa purna tugas.

Pada tahun ini pemkab madiun mengusulkan  3.073 rekutmen ASN, angka ini sesuai kebutuhan yang ada saat ini. Meskipun belum ada kejelasan regulasi dari pemerintah pusat, ia berharap penerimaan pegawai baru dapat dilaksanakan tahun ini.

Data dinas kepegawaian daerah setempat pada  tanggal 31 desember 2018 lalu, jumlah ASN lingkup Pemkab Madiun sebanyak 7.678 orang, anggka ini jelas kurang untuk memenuhi  kuarang lebih 40 Organisasi Prangkat Daerah (OPD) yang ada.

 

Komentar
READ  Petani Tewas Tersengat Listrik Kawat Jebakan Tikus

Baca Juga

Leave a Comment