Pabrik Dibangun, Puluhan Warga Gruduk Balai Desa

Ponorogo – Mengetahui pabrik gamping dibangun, puluhan warga Desa Sampung Ponorogo nekat gruduk kantor balai Desa setempat.  Warga mendesak Kepala Desa bertanggung jawab atas pembangunan pabrik dan mengajak Kepala Desa secara langsung medatangi kantor Sari Gunung milik Pemkab Ponorogo tersebut.

Puluhan warga  Desa Sampung, Kecamatan Sampung,  Kabupaten Ponorogo yang tergabung dalam aksi solidaritas  pekerja tambang  tradisional terpaksa mendatangi kantor balai Desa Sampung. Dengan membawa sejumlah poster bertulisan tolak pabrik gamping serta lurah bertanggung  jawab atas dimulainya pembangunan pabrik,  mereka berorasi didepan Balai Desa.

Dengan pengamanan ketat oleh anggota Polsek dan Koramil setempat, unjuk rasa yang dilakukan puluhan warga Desa Sampung ini kondusif dan berjalan lancer. Seluruh aspirasi warga yang menolak adanya pabrik ditampung oleh perangkat desa, namun ada sedikit ketegangan antara salah seorang warga dengan Sujoso yang tak lain Kepala Desa Sampung.

Dalam unjuk rasa tersebut, warga Desa Sampung menolak adanya pendirian pabrik gamping yang dilakukan  perusahaan daerah Sari Gunung  milik Pemkab Ponorogo. Penolakan pendirian pabrik ini, karena merugikan warga Desa Sampung diantaranya penghasilan warga berkurang, bahkan nantinya tidak bisa bekerja lagi menambang gamping secara tradisional//

sedangkan disisi lain, pendirian pabrik gamping di Kecamatan Sampung ini sejumlah warga ada yang menyetujuinya bahkan berharap segera dibangun.  Namun warga yang setuju atas pendirian  pabrik ini rata – rata rumahnya berjauhan dari lokasi Gunung Gamping.

Sementara usai digelarnya aksi unjuk rasa di depan Kantor Balai Desa Sampung, para pengunjuk rasa mengajak Kepala Desa Sampung untuk mendatangi Kantor Sari Gunung untuk meminta kejelasanya.

Komentar
READ  Kuli Bangunan Nekat Curi Tabung Gas LPG

Baca Juga

Leave a Comment