Lima Orang Di Magetan Suspect Difteri

Magetan – Selama pertengahan februari ini Dinas Kesehatan bersama jajaran puskesmas di Magetan gencar melakukan vaksin difteri. Sasarannya sebanyak 195 ribu orang dari umur 1 hingga kurang dari 9 tahun. Data dari dinkes setempat ada 5 orang magetan yang suspect difteri.

Petugas dari Dinas Kesehatan Magetan dan Puskesmas Candi melakukan pemberian vaksin kepada ratusan siswa-siswi taman kanak-kanan dan kelompok belajar bayangkari di ruang Pesat Gatra Polres Magetan.

Beberapa siswa menangis karena takut jarum suntik. Namun guru dibantu petugas dari puskesmas merayu dan memaksa agar mereka mau disuntik vaksin difteri.

Pemberian vaksin difteri sebagai upaya Dinas Kesehatan untuk mengantisipasi penularan virus difteri. Apalagi di Jawa Timur dinyatakan KLB Difteri. Sedangkan di Magetan sendiri ada 5 orang yang suspect difteri meskipun hasil lab dinyatakan mereka negatif.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, P2P Dinas Kesehatan Magetan Didik Setyo Margono mengatakan, sasaran pemberian vaksin difteri pada februari hingga maret 2018 sebanyak 195 ribu orang. Mulai dari umur satu tahun hingga kurang dari 9 tahun.

Pemberian vaksin difteri dilakukan oleh masing-masing petugas puskesmas yang ada di 18 kecamatan Magetan dengan mendatangi sekolah dari taman kanak-kanak hingga SMA sederajat.

Komentar
READ  Jurnalis Magetan Kirim 20 Ribu Liter Air Bersih

Baca Juga

Leave a Comment