Unit AKL Polda Jatim Bantu Olah TKP Laka KA Sancaka

NGAWI – Empat orang anggota Unit Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Polda Jatim, melakukan olah TKP kecelakaan Kereta Api Sancaka secara digital. Petugas menggunakan alat canggih, untuk membuat film tiga dimensi. Alat tersebut, diyakini bisa menggambarkan peristiwa kecelakaan, dengan akurasi sekitar 90 persen. Petugas melakukan 4 kali Scan, dengan titik  berbeda. Peralatan sejenis, telah berhasil membantu mengungkap penyebab kecelakaan menonjol di Indonesia.

Dari penyelidikan sementara diketahui truk trailer, yang dikemudikan Aji Aman, warga desa Samben kecamatan Kedung Adem Bojonegoro,  hendak menurunkan beton bantalan rel. Truk datang dari arah selatan dan bongkar muatan di selatan rel. Selesai melakukan pekerjaan, truk harusnya kembali ke lewat selatan atau menunggu kereta api lewat, jika ingin memintas menuju jalan tol. Tetapi sopir truk, tergesa gesa dan langsung menyeberangi rel. Apesnya, karena jalan menanjak truk mogok dengan posisi melintang diatas rel. Sementara itu, dari arah barat melaju Kereta Api Sancaka dengan kecepatan tinggi. Gagal mengatasi mogok, sopir truk langsung kabur menyelamatkan diri.

Unit AKL Polda Jatim Bantu Olah TKP Laka KA Sancaka

Sementara itu sebelum melintas rel Dimas Wanda Pranata pengemudi Avanza asal desa Tanggalrejo Mojoagung Jombang, berusaha mencegah truk tersebut melintas rel. Begitu turun dari mobil Dimas hendak menghampiri truk kereta terlalu cepat datang. Dimas, secara reflek langsung berlindung ke dalam parit, sehingga selamat dari maut. Sebelum diperiksa di Polres Ngawi sebagai saksi kunci, Dimas juga sempat dikabarkan tewas. Mobil Avanza yang rusak milik atasannya yakni Heru Sancoko.

Kasus kecelakaan maut yang mengakibatkan masinis kereta api sancaka tewas dan asistennya luka parah, kini ditangani oleh Satuan Reserse Polres Ngawi. Satuan lalu lintas, termasuk Unit AKL Polda Jatim dan instansi lain bersifat membantu dalam proses penyelidikan yang masih berlangsung.

Komentar
READ  Edan, Si Golok Maut Malah Julurkan Lidah

Baca Juga

Leave a Comment