Subhanallah, Isi Ramadhan Dengan Menulis Al-Quran Dari Kulit Sapi 500 Ekor

NGAWI – Beginilah suasana kediaman Kyai Ali Syamsudin Yusuf Husein, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda,  di desa Gerih kecamatan Gerih Ngawi. Mengisi waktu luang saat Ramadhan, Kyai Ali nampak asyik meneruskan pembuatan Al Quran dari kulit sapi atau lembu. Tangannya dengan pasti, menuliskan ayat Al Quran di atas kulit sapi.

Dalam proses pembuatan kitab suci Al Quran raksasa dari kulit sapi, Kyai Ali dibantu oleh para santrinya. Al Quran itu berukuran panjang 1 meter atau 100 centimeter, dengan lebar 75 centimeter. Penulisannya dilakukan setiap bulan ramadan tiba, terinspirasi  dengan   dengan momentum turunnya  Al Quran, kepada Nabi Muhammad SAW.  Dalam satu hari, mereka mampu menyelesaikan 2 Lembar Al Quran bolak balik.

Proses pembuatan dimulai  sejak bulan ramadhan tahun lalu. Hingga saat ini, penulisan Al Quran sudah mencapai juz 3. Rencananya kitab suci Al Quran raksasa itu akan di jilid menjadi 4 kitab, sampulnya dibuat  dari  papan dari kayu. Untuk menyelesaikan Al Quran tersebut, dibutuhkan waktu hingga 5 bulan Ramadhan, atau diproyeksikan rampung pada tahun 2021.

Untuk menjaga kesuciannya,  Al Quran tersebut hanya menggunakan kulit sapi, yang menjadi hewan qurban, saat Hari Raya Idul Adha.  Untuk menyelesaikan al quran raksasa tersebut, membutuhkan sekitar 500 ekor sapi Qurban. Satu ekor sapi, hanya cukup menjadi satu lembar Al Quran saja.

Bagi para santri, bisa ikut membantu Kyai Ali membuat Al Quran unik, merupakan pengalaman berharga. Untuk menulis sketsa dengan pensil di atas kulit sapi, perlu ketelatenan. Agar tetap bersih lembaran kitab suci, yang sudah jadi di bungkus menggunakan plastik. Kitab suci itu nantinya akan warisan penting untuk pesantren tersebut dan juga umat islam umumnya.  Selain sibuk membuat kitab suci raksasa, Pengasuh Pondok Pesantren itu, juga sedang  membangun masjid unik,  yang sebagian besar bahannya menggunakan batu berukuran besar.

READ  Anggota Satpol PP Meninggal Di Pinggir Jalan

Komentar

Baca Juga

Leave a Comment