Unik, Masjid Tua Tanpa Nama Di Arjosari Pacitan

PACITAN – Bangunan masjid di dusun Krajan  Temon, desa Jatimalang kecamatan Arjosari, Pacitan ini diyakini masyarakat telah berusia ratusan tahun. Meski telah berusia tua bangunan masjid masih terlihat kokoh. Hanya pada bagian dinding terlihat mengelupas. Sedangkan beberapa dinding kayu juga terlihat keropos.

Arsitektur bangunan masjid tanpa nama ini identik dengan bangunan lama. Tembok masjid berbahan batu bata merah disusun sedemikian rupa dengan kapur. Pada bagian utama terdapat 4 tiang kayu penyangga bangunan atap masjid. Seluruh bangunan fisik masjid kuno ini belum direnovasi kecuali lantai yang dulunya tanah liat diganti dengan alas berbahan semen. Selain tanpa nama, masjid kuno ini juga memiliki kerucut atau kubah dari tanah liat. Konon kubah tersebut tidak boleh diganti meski masjid itu nantinya direnovasi.

Masjid kuno tanpa ini diyakini sebagai masjid tertua di Pacitan. Bahkan diyakini lebih dulu berdiri sebelum pondok tertua beroperasi. Hingga kini tidak ada yang tahu kenapa masjid tersebut tanpa nama.

Masjid tanpa nama ini menjadi satu-satunya tempat ibadah masyarakat diliingkungan Temon. Selain masyarakat setempat, tak jarang kelompok santri dari berbagai daerah menggelar ibadah dan Istigosah di masjid kuno tersebut.

Komentar
READ  Di Duga Tabrak Lari, Polisi Buru Pelaku Sopir R4

Baca Juga

Leave a Comment