Geger..!! Semburan Api Muncul Dari Sumur Warga Pangkur

NGAWI – Rumah pasangan Muhajir, 52 tahun, dan Siti Masruroh, 44 tahun, di desa Waruk Tengah ramai dikunjungi warga. Mereka ingin melihat, semburan api yang berasal dari sumur pompa bertenaga listrik dalam rumah tersebut. Api tersebut, berasal dari gas alam yang keluar dari sumurnya. Gas yang keluar telah dihubungkan selang air dan tungku kompor gas sehingga bisa digunakan untuk memasak.

Kejadian bermula saat anak keduanya Khoiru Rosyikhin, 12 tahun, sedang berada dalam kamar bersama temannya. Mereka mendengar suara gemuruh, saat tidur diatas kasur. Suara tersebut, berasal dari sebuah pipa yang terhubung dengan sumur pompa tenaga listrik. Muhajir yang mengetahui kejadian tersebut, langsung menyadari kemunculan gas alam, seperti lima tahun lalu. Setelah dinyalakan dengan korek api, terjadi semburan api dari pipa tersebut.

Kejadian unik tersebut juga menarik perhatian dari tim ahli dari Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Pemprov Jawa Timur yang sebelumnya meneliti semburan air di desa Sidolaju kecamatan Widodaren Ngawi. Semburan api tersebut dinilai tidak berbahaya jika dikelola dengan benar. Analisa sementara api berasal dari gas metan yang merembes ke dalam sumur pompa milik Muhajir.

Dari informasi Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Pemprov Jawa Timur, fenomena alam munculnya gas dangkal, berpotensi terjadi di kabupaten Ngawi dan kabupaten Bojonegoro. Gas tersebut bukan gas bumi tetapi gas rawa yang gampang terbakar. Jika dikaitkan dengan potensi cadangan minyak bumi dan gas bumi masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Komentar
READ  Hilang 4 Hari, Jasad Muhadi Mengambang Di Bengawan Solo

Baca Juga

Leave a Comment