Bacaleg Dicoret KPU, Parpol Berpotensi Menggugat

NGAWI – Persiapan pemilu legislatif sejumlah pengurus partai politik diundang KPU kabupaten Ngawi untuk membahas penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara. Sebelum diumumkan kepada masyarakat, partai politik diminta oleh KPU setempat untuk melakukan pemeriksaan berkas Bacaleg perbaikan yang telah diverifikasi.

Saat pendaftaran pada 4 Juli hingga 17 juli, pengajuan jumlah Bacaleg dari 16 partai politik , sebanyak 493 Bacaleg. Dari jumlah tersebut, sebanyak 460 bacaleg melakukan perbaikan berkasnya, pada 1 juli hingga 7 Agustus lalu. Hasil verifikasi, kini jumlah yang masuk di daftar calon sementara hanya tinggal 455 bacaleg.

KPU setempat telah melakukan pencoretan sebanyak 38 bacaleg karena berbagai masalah.  Sebanyak 33 bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat dan 5 bacaleg ikut tercoret karena hangus dapilnya, karena tidak memenuhi kuota perempuan. Kondisi tersebut, membuat sejumlah partai politik, berpotensi mengajukan gugatan hukum. Oleh sebab itu, Panwaslu kabupaten Ngawi, telah berkoordinasi dengan Bawaslu Jawa Timur untuk menerima pengajuan gugatan.

Untuk mendapatkan tanggapan dari masyarakat, sebanyak 455 Bacaleg yang masuk Daftar Calon Sementara akan diumumkan mulai tanggal 12 Juli hingga 14 Juli. Peluang untuk menggantikan bacaleg, masih terbuka luas bagi partai politik, sebelum penetapan Daftar Calon Tetap atau D-C-T pada 20 September mendatang.

Komentar
READ  Kebakaran Kebun Bambu Ancam Pemukiman

Baca Juga

Leave a Comment