Gas Mudah Terbakar Keluar Dari Sumur Irigasi

NGAWI – Saat  senja warga desa Bendo kecamatan Padas kabupaten Ngawi, beramai ramai ke tengah sawah. Mereka ingin menonton fenomena alam unik yang terjadi di sawah milik  Sadikan, petani asal desa setempat.  Dari dalam pipa, yang terhubung dengan  sumber air bawah tanah, mengeluarkan gas tak berbau disertai  suara gemuruh.

Saat di sulut dengan korek langsung muncul semburan api. Api yang menyembur ketinggiannya sekitar 30 hingga 40 centimeter. Semburan gas cukup kuat, sehingga api tidak padam saat di terjang angin. Sumur irigasi milik Sadikan ini sudah sekitar satu tahun tak digunakan, karena airnya saat kemarau mengering. Pipa sumur irigasi tersebut sudah lama mengeluarkan suara aneh.

Baru sekitar seminggu laluada warga yang iseng menyulut dengan korek api, sehingga terjadi semburan api. Dari kawasan desa Bendo, warga telah menemukan tiga sumur irigasi, yang mengeluarkan gas mudah terbakar. Dengan adanya potensi keluarnya gas mudah terbakar, dari sumur pompa untuk irigasi dan air minum di kawasan tersebut warga merasa khawatir.

Gas alam yang keluar dari sejumlah sumur pompa, di kawasan tersebut diduga gas jenis metan. Gas tersebut bukan gas bumi tetapi gas alam yang terjebak dalam lapisan tanah atas. Gas tersebut merembes keluar karena adanya penanaman pipa ke dalam tanah untuk sumur pompa. Jika dikaitkan dengan potensi cadangan minyak bumi dan gas bumi masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Komentar
READ  Tidak Hati-Hati Saat Setrika, Rumah Terbakar

Baca Juga

Leave a Comment