Megah.. ! Tugu Monas Mini Dari Botol Bekas

NGAWI – Sejumlah anggota Karang Taruna desa Sambiroto kecamatan Padas kabupaten Ngawi, sedang memperbaiki Tugu Monas mini dari botol bekas, yang sedikit rusak kena tiupan angin kencang. Tugu tersebut, dibuat dari limbah botol minuman, yang biasanya menjadi sampah, sedangkan rangkanya dibuat dari bambu. Botol dirangkai menggunakan isolasi plastik, dan diperkuat dengan kawat.

Idenya berawal dari keinginan pemuda setempat, untuk memperingati ulang tahun ke-73 Kemerdekaan Indonesia, dengan tampil beda. Untuk menghemat biaya, mereka kemudian menggunakan botol bekas, dalam berkreasi. Ribuan botol tersebut, dikumpulkan dari rumah warga. Untuk mempercantik tampilan saat malam hari,  tugu tersebut dihias dengan lampu berwarna warni, dengan aliran listrik dari mushola. Disesuaikan dengan momentum proklamasi, tugu tersebut dirangkai dari sebanyak 1.945 botol bekas, dengan tinggi 4,5 meter.

Dengan tampilan unik, Tugu Monas mini yang berada jalur wisata Waduk Pondok, kini jadi lokasi foto selfi anak muda khususnya saat malam hari.

Melihat potensi banyaknya limbah plastik, pemerintah desa setempat mendukung rencana karang taruna setempat untuk mendirikan bank sampah. Selain ramah lingkungan, juga memiliki potensi ekonomi, jika dipadukan dengan kreatifitas.

3,580 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Komentar
READ  KPU Ngawi Mulai Setting Logistik 2760 TPS

Baca Juga

Leave a Comment