Peringati Kemerdekaan, Warga Arak Tumpeng Hasil Bumi

MADIUN – Beginilah suasana karnaval dalam rangka merayakan Kemerdekaan RI ke 73 yang digelar ratusan warga desa Slambur kecamatan Dolopo kabupaten Madiun. Nampak warga berkumpul dari berbagai kalangan baik dari anak anak hingga dewasa, disalah satu tempat kramat desa atau punden dan sangat antusias dalam mengikuti acara tahunan tersebut.

Selain mengerahkan sejumlah hewan peliharaannya seperti kuda, ada juga yang berpose mengenakan seragam tentara, berpakaian kebaya hingga baju wanita, dalam karnawal keliling desa mereka. Tidak hanya itu, warga juga mengarak tumpeng hasil bumi, setinggi dua meter sebagai bentuk rasa syukur warga atas melimpahnya hasil panennya.

Menurut Hariyono salah satu warga mengaku dalam karnaval yang diikuti warga desa Slambur ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur warga atas limpahan rejeki dan mengenang jasa para pahlawan dahulu dalam memperebutkan kemerdekaan.

Sementara dalam karnaval tersebut warga bersemangat dan berjoget keliling kampung sejauh 5 kilometer meski terik matahari menyengat tubuh mereka. Hal tersebut tidak seberapa atau sebanding dengan jerih payah serta upaya para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Komentar
READ  Mayat Wanita Ini Mengenaskan, Tangan Kaki Dilakban Mulut Terikat

Baca Juga

Leave a Comment