Kolaborasi Seni Pencak Silat Dengan Semaphore Pramuka

MADIUN – Perpaduan apik antara pencak silat dengan seni tari disajikan oleh 200 anak pramuka dalam apel besar hasi pramuka 2019 di lapangan Gulun kota Madiun. Bahkan, seni pencak silat dan tari ini menggunakan Bendera Semaphore. Tidak hanya itu, para adik-adik pramuka ini juga menampilkan tari Saman yang membentuk gerakan yang serentak dengan bendera Semaphore sebagai aksesoris.

Ketua Kwartir Cabang (KWARCAB) Gerakan Pramuka kota Madiun, Maidi menuturkan seni pencak silat yang dikembangkan oleh adik-adik pramuka ini semakin menegaskan kota Madiun sebagai kampung pesilat. Dirinya sangat mengapresiasi penampilan tersebut. Lebih dari itu, kader pramuka dinilai menguasai Dasa Darma, baik dari sisi etika, keilmuan maupun sopan santunnya.

Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto yang juga ketua Majelis Pembimbing Cabang (KAMABICAB) gerakan pramuka kota Madiun menyatakan pramuka menjadi garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Meksi pramuka merupakan pendidikan yang diberikan di luar sekolah atau ekstrakurikuler, namun wajib diikuti seluruh pelajar.

Hari pramuka ke-57 tahun ini mengambil tema “Pramuka Perekat NKRI”. Dimana, gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Komentar
READ  Rakor MUI – KODIM Soal Pemutaran Film G30S/PKI

Baca Juga

Leave a Comment