Tradisi Unik, Warga Dungwaluh Gelar Wayang Thengul

NGAWI – Pertunjukan Wayang Thengul ini, digelar di punden dusun Dungwaluh, Campurasri, Karangjati, Ngawi, sebagai bagian dari tradisi nyadran atau bersih desa. Sejak sore, mulai dari anak hingga orang tua, asyik menonton Wayang Thengul. Ki Narto, dalang Wayang Thengul kini tinggal satu satunya seniman Ngawi, yang menekuni Wayang Thengul. Keahliannya, diperoleh dari warisan keluarga.

Wayangnya, terbuat dari kayu yang telah diukir, menjadi berbagai karakter unik. Selama pertunjukkan, dalang diiringi musik gamelan sederhana, yang dimainkan hanya beberapa orang saja.

Cerita yang dituturkan oleh dalang,  berlatar belakang era kerajaan di tanah jawa yakni kerajaan Majapahit dengan lakon Brawijaya Majapahit Syech Subakir. Pagelaran Wayang Thengul di dusun Dungwaluh, Campurasri, Karangjati, Ngawi ini, telah dilakukan selama puluhan tahun, dan  digelar hingga semalam suntuk.

Kalah populer dengan wayang kulit, pagelaran Wayang Thengul, kini semakin langka. Meskipun sekali pertunjukan biayanya sangatlah terjangkau, namun tak banyak warga yang menggunakan jasanya untuk sebuah perayaan atau peringatan. Kedepan diharapkan, generasi muda Indonesia dapat turut serta menjaga dan melestarikan keberagaman kebudayaan Indonesia yang salah satunya adalah Wayang Thengul.

Komentar
READ  Ini Dia Kopi Langka Gunung Lawu Yang Diburu Orang

Baca Juga

Leave a Comment