Komunitas Energinesia Bangun Biogas Di Desa Ploso Ngamban

Ngawi – Seperti inilah kegiatan pembangunan 15 unit biogas yang ada di desa Ploso Ngamban Kendal Ngawi. Acara ini dihadiri wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono yang langsung meninjau lokasi dan membuka acara.

Ony Anwar Harsono sangat mengapresiasi luar biasa Komunitas Energinesia dalam pembuatan reaktor biogas yang didukung Karang Taruna, Bumdes, Pemdes Ploso dan donasi dari pihak lainnya. Pihaknya berharap Desa Ploso bisa menjadi percontohan sebagai desa mandiri energi khususnya energi terbarukan bidang biogas.

Ketua Komunitas Energinesia Gigih Alam Pambudi menjelaskan Energinesia adalah sebuah komunitas energi bergerak di bidang renewable energi yang miliki program Energi Bakti Negeri 1 di Desa Ploso. Program ini menyiapkan masa depan energi Indonesia. Karena saat ini sedang mengalami krisis energi oleh sebab itu pihaknya membuat sebuah gerakan yang melibatkan beberapa relawan dari seluruh kampus di Indonesia untuk sebarluaskan gerakan pembangunan biogas di seluruh Indonesia.

Kasun Ploso Ngamban Jumadi mengatakan program biogas sangat bermanfaat bagi warga untuk hemat energy. Pihaknya berharap Desa Ploso dikembangkan menjadi desa wisata edukasi energy sehingga kedepan membawa manfaat bagi seluruh warga.

 


Diharapkan kegiatan positif ini bisa menular ke desa lainnya sehingga masyarakat mulai beralih ke biogas agar siap hadapi krisis energi masa mendatang.

 

22,347 kali dilihat, 152 kali dilihat hari ini

Komentar
READ  Korsleting Listrik, Kios Pasar Beran Terbakar

Baca Juga

Leave a Comment