132 Ha Terancam Gagal Panen Akibat Diserang Hama Tikus

Madiun – Ratusan hektar tanaman padi petani di Kabupten Madiun terancam gagal panen, hal ini dikarenakan diserang hama tikus. Berbagai upaya sudah dilakukan namun hama tikus masih merajalela.

Bedasarkan data dari dinas pertanian setempat sedikitnya 132 hektar tanaman padi petani di Kabupaten Madiun diserang hama tikus. Rata rata kawanan tikus itu menyerang batang dan tunas batang padi hingga ludes sehinga jika tidak dibasmi petani terancam gagal panen.

Dari data kerusakan serangan hama tersebut terparah di Kecamatan Pilangkenceng, Kecamatan Belerejo dan Kecamatan Saradan. Kabid Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kab Madiun Sumanto menjelaskan, rata rata padi yang diserang hama tikus adalah bibit padi usia 2-4 minggu. Dampaknya tanaman padi bisa rusak bahkan mati.

Untuk menanggulanginya, pihak dinas pertanian sudah menerjunkan tim untuk melakukan langkah-langkah. Diantaranya mengajak petani untuk  gropyoan, juga telah menggelontorkan sedikitnya 200 kardus tiran atau mercon tikus. Belerang 1 ton, juga petropum sebanyak 150 kg untuk membasmi hama tikus tersebut.

Dinas pertanian mencatat serangan hama tikus ini diakuinya karena siklus musim padi yang ditanam terus menerus tanpa henti dan diakuinya siklus tahun ini memang berada di puncaknya masa tanam di musim penghujan.

Komentar
READ  Kirim Konten Pornografi, Pemuda Madiun Diciduk Polisi

Baca Juga

Leave a Comment