Mengenang Permainan Tradisional Di Kampung Dolanan Bojonegoro

Bojonegoro – Mengenang permainan tradisional pemuda desa Mojodeso Kabupaten Bojonegoro menggaungkan permainan tradisional untuk anak-anak desa mereka. Dengan memanfaatkan jalan gang didesa setempat mereka membuat berbagai fasilitas permainan tradisional mulai dari permainan gobak sodor, dakon, engklek, lompat tali dan permainan tradisional lainnya. Diharapkan anak-anak desa mereka bisa birinteraksi dengan aktif di dunia nyata bersama teman sebaya mereka.

Inilah kampung dolanan di Kabupaten Bojonegoro. Melihat maraknya game online dan kecanggihan ponsel pintar yang menyediakan permainan serba digital bagi anak-anak membuat sejumlah warga di desa Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro tidak tinggal diam.

Menghadapi keprihatinan ini pemuda di desa Mojodeso tak mau tinggal diam. Mereka terus berkreasi dan mensosialisasikan terus menerus permainan tradisional agar tidak tergerus jaman, maka mereka membuat kampung dolanan untuk melestarikan permainan tradisional ini.

Sejak akhir tahun 2018 pemuda desa setempat menyulap jalan di desa mereka menjadi fasilitas bermain untuk permainan tradisional.

Mereka berkumpul setiap sore atau saat pulang sekolah untuk bermain bersama. Ada banyak permainan tradisional yang dimainkan disini diantaranya permainan adalah gobak sodor, dakon, engklek, lompat tali dan permainan tradisional lainnya.

Tujuannya di buat kampung dolanan ini adalah menjadikan permainan tradisional sebagai pengimbang permainan modern yang terus digemari anak jaman sekarang agar permainan ini tetap lestari dicintai dan tidak lekang oleh waktu.

 

Komentar
READ  Diguyur Hujan, Harga Jual Tembakau Terjun Bebas

Baca Juga

Leave a Comment