Penjual Pentol Jadi Spesialis Maling Kotak Amal

MAGETAN – Seorang penjual pentol di Magetan ditangkap petugas kepolisian Polsek Parang Magetan karena tertangkap mencuri kotak amal. Pengakuan tersangka,ia sudah melakukan hal yang sama di Magetan dan Ponorogo.

I-I (26) warga Desa Banjarejo Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan, menjalani pemeriksaan di ruang unit reskrim Polsek Parang Kabupaten Magetan. Bapak satu anak ini diamankan petugas karena mencuri kotak amal di Musholla Almubarok Dukuh Dawung Desa Bungkuk Kecamatan Parang Magetan, pada Selasa siang. Sebelumnya warga memang mencurigai gerak gerik tersangka. Saat itu, warga  melihati tersangka masuk ke musholla selang beberapa saat meninggalkan tempat ibadah tersebut, warga mendapati kotak amal dalam keadaan rusak, kemudian  warga mengejarnya. Saat diintrogasi, ia mengakui perbuatannya telah mencuri uang kotak amal.

Pengakuannya kepada petugas, ia sudah melakukan aksi yang sama di sejumlah tempat, seperti di Kecamatan Parang, Panekan, Ngariboyo Magetan, dan Kabupaten Ponorogo. Modusnya ia berjualan pentol keliling, sambil melihat musholla yang sepi. Darai tengan tersangka, petugas kepolisian menyita sejumlah barang bukti, berupa kotak amal yang sudah dirusak, obeng, dan uang hasil curian,sebanyak 45 ribu rupiah. Petugas juga mengamankan sepeda motor yamaha vixion, berikut rombong tempat pentol. Diduga berjualan pentol hanya modus karena dalam rombong tidak ada tabung gas, yang biasa digunakan agar kondisi pentol dan kuah, dalam kondisi panas.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman maksimal 7  tahun penjara.

Komentar
READ  Anjal Protolan SMP Diangkut Satpol PP

Baca Juga

Leave a Comment