Kemarau, Debit Air Bendungan Gonggang Menyusut

MAGETAN – Debit air Bendungan Gonggang, Kecamatan Poncol Magetan terus menyusut sejak memasuki musim kemarau. Volume air di waduk  terbesar di Magetan tersebut berkurang hingga sembilan juta meter kubik. Tidak hanya embung di pelosok yang mengering saat musim kemarau, Bendungan Gonggang yang ada di Desa Janggan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan juga  menyusut sejak musim kemarau.

Dalam  sehari air di bendungan terbesar di Magetan tersebut menyusut 2 hingga 3 centimeter. Saat ini volume air di waduk tersebut terus berkurang 800 meter kubik lebih, sehingga hanya tinggal 1 juta meter kubik lebih dari kapasitas tampungan air sebesar 1,9 juta meter kubik. Dari jumlah volume air tersebut, Bendungan Gonggang mengairi sekitar 1.223 hektar lahan pertanian produktif di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Poncol, Parang, Ngariboyo, dan Lembeyan. Namun kini para petani setempat sudah kesulitan mengairi sawahnya karena rentan dengan kondisi bendungan.

Menurut Sugini, petugas Bendungan Gonggang menyusutnya air di bendungan karena tidak ada lagi aliran air dari pengunungan. Ia meminta para petani untuk beralih menanam palawija, agar bisa menghemat air disaat musim kemarau. Selain untuk pengairan petani, air bendungan gonggang juga diperuntukkan untuk air baku PDAM Lawu Tirta Magetan.

Komentar
READ  Lagi, Warga Minta Kompensasi Tower Telekomunikasi

Baca Juga

Leave a Comment