Wadahi UMKM, Pemkot Gelar “Sunday Market” Di Kawasan Bantaran

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun setiap hari Minggu akan menyelenggarakan ‘Sunday Market’ untuk mewadahi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Para pelaku UMKM yang sebelumnya menjual produknya di sepanjang jalan pahlawan akan dipindah di kawasan Bantaran Madiun.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Gaguk Hariyono mengatakan dengan adanya konsep sunday market maka kegiatan car free day (CFD) di Jalan Pahlawan akan dihapus. Sedangkan CFD di Bundaran Taman tetap dilaksanakan. Rencananya sunday market akan dimulai minggu pertama Agustus mendatang. Harapannya kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Minggu itu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Lebih lanjut Gaguk menyatakan sunday market digagas bukan tanpa alasan. Pemindahan para pelaku UMKM yang sebelumnya di Jalan Pahlawan menuju kawasan bantaran bertujuan memaksimalkan pemasaran produk Kota Madiun. Bahkan waktu buka di sunday market lebih panjang bisa sampai enam jam, berbeda di CFD yang hanya dua jam.

Gaguk menjelaskan, Pemkot sengaja mencari lokasi yang cukup luas untuk menampung para pelaku UMKM. Nantinya akan ada 671 pedagang yang berjualan di Bantaran. Hanya saja penempatan dan pengelompokan pedagang berdasarkan produk yang dijual. Kedepannya akan diatur bersama paguyuban pedagang, sementara para pelaku UMKM nantinya hanya dibebani biaya retribusi kebersihan.

13,221 kali dilihat, 3,741 kali dilihat hari ini

Komentar
READ  Kasus Perceraian PNS Pemkab Madiun Didominasi Guru Dan Tenaga Medis

Baca Juga

Leave a Comment