Pilkades Serentak, Hanya 18 Desa Gunanakan E-Voting

Magetan – Rencana Pemerintah Kabupaten Magetan untuk menerapkan sistem E-Voting pada pilkades akhir tahun 2019 tidak sesuai rencana awal. Karena dari 184 desa hanya 18 desa yang menggunakan E Voting sisanya tetap menggunakan cara lama.

Pemilihan Kepala Desa serentak bakal digelar pada bulan November 2019 nanti. Rencana awal Pemerintah Kabupaten Magetan akan menerapkan sistem E-Voting untuk 184 desa yang akan memilih Kepala Desa. Namun rencana itu batal karena pemkab memutuskan hanya 18 desa yang akan menggelar Pilkades dengan E Voting.

Hal itu dikarenakan alat yang tersedia tidak mencukupi sedangkan Kemendagri mewajibkan Pilkades harus serentak di waktu dan hari yang sama.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Eko Muryanto mengatakan, penentuan desa yang menerapkan E Voting dengan melihat jumlah penduduk terbanyak di masing-masing kecamatan. Untuk itu diputuskan satu kecamatan satu desa sebagai Pilot Project Pilkades E-Voting. Sosialisasi sudah dilakukan secara rutin utamanya untuk desa yang akan melaksanakan Pilkades E Voting.

Komentar
READ  DPRD : Harus Tegas Kafe Bodong Wajib Ditutup

Baca Juga

Leave a Comment