Warga Kwalahan 3 Hektar Hutan Jati Terbakar

Ponorogo – Hutan rakyat berisikan tanaman jati, yang ada di Desa Tatung Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo, Senin ( 3/7) malam terbakar hebat. Warga yang berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, tidak berkutik dan si jago merah terus meluas hingga merembet ke pemukiman warga. 

Kebakaran hutan rakyat ini terjadi di gunung perahu. Api dengan cepat membakar sekitar 3 hektar lahan tanaman jati berusia 23 tahun. Warga sekitar yang mengetahui kejadian ini langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Yakni memanfaatkan ranting pohon dan dipukul-pukul kan ke bara api.

Rudi Sugiharto, Kepala Desa Tatung, mengatakan, kebakaran ini terjadi sejak senin petang, hingga akhirnya api terus meluas. Apalagi di hutan ini banyak sekali dedaunan dan rumput-rumput kering yang mudah terbakar.

“Kami sudah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Warga juga sempat kewalahan untuk memadamkan api yang semakin membesar, apalagi besarnya tiupan angin memicu api semakin merembet meluas,” ujar tatung di lokasi kejadian.

Sejumlah warga yang berada di lereng gunung, mengaku khawatir jika tidak segera dipadamkan, api akan terus merembet ke bawah dan mengancam pemukiman warga disekitar gunung tersebut, termasuk mempengaruhi ketersediaan air bersih. Hingga berita ini diturunkan api terus membesar dan sulit dipadamkan. Sementara sejumlah warga kini hanya bersiaga di sekitar pemukiman agar api tidak menjalar ke rumah warga.

Play Video Berita

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *