Disnakkan Temukan Cacing Hati Dari Satu Ekor Sapi Kurban

Magetan – Disnakkan Magetan terus melakukan pemantauan hewan kurban. Kali ini petugas rumah potong hewan di Magetan menemukan satu ekor sapi kurban yang hatinya terdapat cacing setelah disembelih pada senin pagi. Karena kerusakan lebih dari 50 persen, hati yang terinfeksi tidak dibagikan kepada warga.

Rumah Potong Hewan (RPH) Magetan menyediakan layanan pemotongan hewan kurban secara gratis mulai tanggal 17 hingga 20 juni 2024.

Pada hari pertama atau senin pagi, Disnakkan Magetan menemukan satu ekor sapi mengalami kerusakan hati dari total puluhan sapi kurban yang disembelih senin pagi. Di dalam hati tersebut terdapat banyak cacing dengan persentase mencapai 70 persen.

Petugas membuang seluruh hati yang terinfeksi cacing tersebut lantaran jika tetap dibagikan dapat membahayakan warga yang mengkonsumsinya.

Kendati demikian, kondisi daging dan jerohan sapi kurban yang disembelih di RPH secara umum aman dikonsumsi masyarakat.

Petugas melakukan pemeriksaan ante mortem dan post mortem guna memastikan aspek halal dan aman sebelum didistribusikan kepada masyarakat.

Antusiasme masyarakat menyembelih hewan kurban di RPH tahun ini meningkat daripada sebelumnya sebab jasanya tidak dipungut biaya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *